Rutan Kraksan Bekali Warga Binaan Dengan Latihan Musik Hadroh

Rutan Kraksan Melakaanakan Latihan Hadrah yang Dilaksanakan di Aula Pengayoman Rutan (Yuliono/Aksioma.co.id)

Aksioma.co.id, Probolinggo Jatim– Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kraksaan Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Jawa Timur terus berkomitmen untuk memberikan pembinaan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) melalui berbagai kegiatan positif.


Salah satunya adalah kegiatan latihan hadrah, yang dilaksanakan di Aula Pengayoman Rutan. Latihan ini dipantau langsung oleh M. Yasin selaku Kasubsie Pelayanan Tahanan. Senin (27/05/2024)


Hal ini selaras dengan sambutan dari Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Timur Heniyuwono, “Kegiatan pembinaan ini merupakan salah satu bagian dari program pembinaan yang bertujuan untuk memberikan ruang ekspresi dan pengembangan bakat kepada WBP beragama muslim yang mempunyai bakat dalam bidang hadrah.


Kegiatan ini dipilih karena selain bisa mengisi waktu luang juga bisa sebagai hiburan bagi para warga binaan dalam menjalani masa pidana di Rutan Kraksaan” Ujar Heniyuwono.


“Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi kepada para WBP tentang kesenian Islami, yang mempunyai makna disetiap kegiatannya sehingga bisa meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT serta keteladanan kepada Nabi Muhammad SAW. Selain itu juga bisa mempererat hubungan yang harmonis dan lebih baik antar WBP” kata M. Yasin.


Hadrah sebagai salah satu seni musik Islami, diharapkan dapat menjadi bekal rohani bagi para WBP muslim dan bisa dimanfaatkan sebagai hal positif dimana WBP dapat mengembangkan keterampilan baru yang berguna bagi kehidupan mereka setelah bebas dan kembali ke masyarakat. Latihan hadroh ini akan dilaksanakan rutin setiap minggunya.


(Yuli/JBN)


Topik Terkait

Baca Juga :