Serius Berantas Narkoba, Pemkab dan BNNK Bone Bolango Canangkan Kecamatan Bersinar

 

Sekda Bone Bolango, Ishak Ntoma, saat memberikan sambutan pada Pencanangan Kecamatan Bersinar (foto:Chila/Prokopim)


BONE BOLANGO GORONTALO, JBNIndonesia - Komitmen dan keseriusan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dalam memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba di wilayahnya terus ditingkatkan dengan melibatkan seluruh aparatur mulai dari tingkat kabupaten hingga pemerintah desa dan kecamatan se Kabupaten Bone Bolango.


Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango telah menunjuk 2 desa dari 158 desa dan 11 kelurahan di Kabupaten Bone Bolango sebagai lokus nasional P4GN (Penanggulangan, Pemberantasan Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba). Kedua desa tersebut masing-masing Desa Kramat di Kecamatan Tapa dan Desa Luwohu Kecamatan Botupingge. Kedua desa ini dipilih oleh BNN (Badan Narkotika Nasional) dengan sejumlah pertimbangan antara lain tingkat kerawanan, lalu lintas manusia dan barang serta jumlah dan riwayat kasus, baik itu penyalahgunaan, peredaran gelap narkoba hingga kasus kriminal dan penyakit masyarakat lain yang terkait. Selain itu, BNN mempertimbangkan pula itikad dan semangat pemerintah dan masyarakat desa melakukan perubahan ke arah yang lebih baik khusus dalam upaya penyelamatan generasi muda dari bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.


Selanjutnya, berangkat dari program yang telah digariskan secara nasional, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango bersama BNN Kabupaten Bone Bolango menciptakan sebuah inovasi dalam rangka penguatan program Desa Bersinar yang bertajuk Program Kecamatan Bersinar.


"Dalam program ini, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango memandang perlu dilakukan perluasan lokus kegiatan. Karena kita sulit bahkan tidak mungkin mengabaikan desa-desa lain," ungkap Sekda Bone Bolango, Ishak Ntoma dalam sambutannya saat pencanangan Kecamatan Bersinar (Bersih dari Narkoba) yang digelar di lapangan Ippot Tapa, Sabtu (15/7/2023).

Foto bersama BNNK Bone Bolango dan  Sekda serta sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemkab Bone Bolango (foto:Chila/Prokopim)


Dijelaskan pula bahwa dukungan dari desa-desa yang berbatasan atau berada dalam satu wilayah administratif setingkat kecamatan yang sama sangat diharapkan untuk mensukseskan program nasional Desa Bersinar.


"Dengan adanya program Kecamatan Bersinar ini, kami berharap kendala-kendala dilapangan yang berkaitan dengan masalah penganggaran serta regulasi dan kebijakan yang bersifat top down dapat teratasi," tandasnya.


Turut hadir dalam kegiatan pencanangan program Kecamatan Bersinar tersebut yaitu Perwakilan BNNP Gorontalo dan BNNK Bone Bolango, Kadis PMD Kabupaten Bone Bolango, Suleman Panigoro dan sejumlah pimpinan OPD, Camat Tapa Rahmat Helingo dan Camat Botupingge F. Tanango dan seluruh Kepala Desa se Kecamatan Tapa. (Noka)


Topik Terkait

Baca Juga :