Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Iklan

Whats-App-Image-2020-08-27-at-00-07-52

Kasebu Ditutup Secara Resmi, Ini Pesan Ketua DPRD Buteng

Minggu, 25 Juli 2021 | 22:55 WIB Last Updated 2021-07-27T05:44:16Z


AKSIOMA.CO.ID, BUTON TENGAH - Kegiatan Seni dan Budaya (Kasebu Cup) Ke 10 yang digelar oleh salah satu rumpun yang berada di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yakni rumpun wasilomata diapresiasi sejumlah kalangan, salah satunya Ketua DPRD Buton Tengah, Bobi Ertanto.

Dalam acara ramah tamah yang digelar dipelataran Baruga Wasilomata Sebelum ditutup secara resmi oleh Bupati Buton Tengah, Samahuddin, Ketua DPRD Buton Tengah, Bobi Ertanto yang juga di percaya membawakan sambutan menyampaikan apresiasi atas suksesnya pelestarian acara budaya Kasebu Cup.

“Kegiatan Kasebu Cup ke-10 merupakan kegiatan budaya yang sudah lengket yang mampu melestarikan nilai-nilai budaya yang telah diwariskan oleh para leluhur,” terangnya, Sabtu (24/7/2021).

Ia menjelaskan nilai-nilai adat tidak lahir begitu saja, tetapi lahir dari perenungan yang lama dari orang-orang tua kita dahulu untuk melahirkan melanjutkan dengan tenggang rasa. Dan tugas kita mengarahkan pada generasi saat ini untuk mampu menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya itu

“Alhamdulillah sebagai bentuk kongkrit dari pada penjagaan yang berkaitan dengan nilai-nilai budaya itu, rumpun Wasilomata mengadakan kegiatan tiap tahunya yaitu kegiatan iven Kasebu Cup, ini sebagai bentuk menumbuh kembangkan budaya yang ada yang telah diwariskan oleh para leluhur yang ada di Buteng khususnya dirumpun Wasilomata,” tambahnya.

Putra Daerah Kepulauan di Buton Tengah ini juga mengamini apa yangenjadi harapan permintaan dari Ketua Kerukunan Wasilomata (KKW) agar pemerintah daerah memberikan dukungan nyata terhadap kegiatan-kegiatan kebudayaan melalui kebijakan-kebijakan pemda, agar kegiatan-kegiatan budaya seperti Kasebu Cup dapat bersinergi bersama Pemda.

"Sehingga pemerintah daerah turut serta hadir dan mendukung apapun bentuk kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan budaya, Apakah itu hadir di Wasilomata, di Tolandona atau dimanapun yang sifatnya untuk melestarikan budaya dan menjaga budaya itu,” Ujarnya.

Ia juga mengungkapkan pemerintah daerah dan DPRD akan mendukung kegiatan pelestarian budaya ini untuk dijadikan kalender daerah, sehingga setiap tahunnya menjadi event yang dilaksanakan oleh Pemda melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Buton Tengah.

Karena saat ini tengah dalam situasi pandemi Covid-19, Bobi juga berpesan agar masyarakat senantiasa menjaga protokol kesehatan, karena Covid 19 itu sangat nyata.

“Covid-19 sangat ini sangat berbahaya sehingga di media manapun akhir-akhir ini kita selalu diperlihatkan berapa jumlah yang meninggal karena Covid-19, sehingga pada kesempatan ini saya sampaikan sekali lagi kepada kita semua untuk selalu mematuhi protokol kesehatan,” Tutupnya.

Untuk diketahui kegiatan budaya ini dilaksanakan dengan berbagai kenis perlombaan yang berakhir aman hingga ditutup secara resmi. Pelaksana kegiatan tampak selalu mengingatkan dan menghimbau penonton melaksanakan protokol kesehatan. (Dzabur Al-Butuni)
×
Berita Terbaru Update